Bagi yang Penasaran, Ini Dia Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Internet bukan lagi sesuatu yang hanya bermanfaat dalam membantu seseorang untuk mempercepat memperoleh informasi, namun lebih dari itu, menghasilkan uang juga bisa diperoleh melalui kemajuan teknologi yang satu ini. Bagaimana bisa? Tentunya Anda pernah mendengar istilah monetisasi blog atau menghasilkan uang hanya dengan ngeblog. Hal tersebut dapat terjadi seiring dengan jumlah pengunjung blog yang selalu ramai dengan grafik yang stabil dan meningkat. Dari sinilah kemudian Anda dapat membuka ruang untuk iklan baik iklan PPC, CPM, produk, jasa, dan sebagainya. Yuk, simak beberapa cara mendapatkan uang dari blog berikut ini:
1.    Niat dan sabar
Jika Anda berpikiran monetisasi blog merupakan cara cepat berpenghasilan besar, sebaiknya Anda segera membuang jauh pikiran tersebut karena monetisasi blog adalah suatu pekerjaan yang harus ditekuni dengan niat dan kerja keras yang konsisten serta waktu luang yang tidak sedikit, mengingat Anda harus memulai dari mempelajari kemampuan-kemampuan dasar mengenai blog, mengisi blog dengan artikel, hingga mempromosikan blog Anda. 
2.    Kenali jenis-jenis blog 

Picture's blog
Niche of Blog (c) bisnisday.com

Tidak seluruh jenis blog dapat dimonetisasi. Selain itu, pilihan jenis blog tentunya juga akan berpengaruh terhadap strategi promosi serta metode monetisasi yang nantinya harus Anda lakukan. Cara mendapatkan uang dari blog yang satu ini memang harus Anda lakukan secara hati-hati dan jangan sampai salah memilih karena berisiko membuat blog Anda menjadi tidak optimal atau bahkan gagal pada akhirnya. Jadi, apa saja sih jenis-jenis blog?

Baca juga:  Cara Alami Menyembuhkan Demam Pada Anak-Anak Maupun Orang Dewasa
•    Authority Blog
Mengelola jenis blog ini tentunya harus diikuti dengan konten-konten yang kreatif, unik, dan tidak membosankan karena blog otoritas memang didesain untuk fokus hanya pada satu niche atau topik saja yang kemudian akan khalayak kenali sebagai identitas atau ciri khas blog Anda, seperti misalnya blog pencinta travelling. Oleh karena itu, konten dari blog otoritas ini harus benar-benar dikelola oleh yang benar-benar bergelut dengan passion, hobi, atau keahlian terkait karena isi konten blog akan menjadi sumber yang dipercaya oleh khalayak. Metode monetisasi yang cocok untuk jenis blog ini antara lain adalah iklan PPC  (Pay per Click), iklan mandiri, dan iklan penawaran jasa maupun produk (baik milik sendiri maupun orang lain) yang berkaitan dengan jenis fokus pada blog otoritas Anda.
•    General Blog
Jenis blog yang lebih sering disebut dengan blog gado-gado ini didesain untuk topik atau konten bahasan yang jauh lebih kompleks dan luas sehingga Anda dapat mempublikasi berbagai jenis tulisan dengan topik apa pun. Mengingat jenis blog ini lebih sulit dimonetisasi karena bergantung pada trafik pengunjung yang berdasarkan pada mesin pencari, maka metode monetisasi yang bisa dilakukan pun lebih sempit, yaitu hanya meliputi ruang iklan PPC, iklan mandiri, dan iklan CPM atau Cost per Million (penghasilan setelah blog mendapat kunjungan per 1.000 kali tanpa syarat pengunjung harus mengklik iklan).
•    Niche Blog

Niche's of Blog
Niche Blog (c) passive.marketing

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Blog dengan jenis ini adalah blog yang konten-nya difokuskan hanya pada satu tema saja. Seperti contoh kesehatan, atau game, atau traveling, dan lainlain. Menentukan Niche blog sebaiknya dilakukan saat awal akan membuat blog, sehingga konsep dasar dan tujuan yang akan dicapai menjadi jelas. Biasanya tujuan para pengguna blog terfokus pada 1 niche saja adalah murni diperuntukkan untuk mendapatkan uang, tanpa tujuan berbagi pengalaman seperti jenis blog otoritas sehingga Anda tidak perlu benar-benar ahli dalam niche yang menjadi identitas blog Anda. Namun, konten pada niche blog dikenal dengan kualitas yang lebih rendah dibanding authority blog karena biasanya niche blog menyewa jasa penulis untuk artikel yang dimuat. Jenis metode monetisasi yang paling tepat untuk niche blog adalah iklan PPC, namun jika popularitas niche blog Anda baik, maka Anda juga berkesempatan membuka ruang iklan mandiri hingga jasa maupun produk terkait.

Baca juga:  Ini Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan
3.    Budget rupiah
Cara mendapatkan uang dari blog juga harus ditempuh dengan mengorbankan isi dompet Anda. Jika Anda ingin blog Anda cepat berkembang, tentunya Anda tidak bisa sendirian. Pikirkan baik-baik jasa-jasa yang mampu mendukung popularitas blog Anda, seperti jasa penulisan artikel, jasa SEO (Search Engine Optimization), hingga jasa promosi blog.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *