Asupan Sehat Untuk Kulit Tetap Sehat

Kulit adalah bagian terluar dari tubuh manusia. Kulit paling mudah terlihat dari luar. Menjaga kesehatan kulit adalah hal yang wajib bagi manusia. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan kulit, baik itu secara personal maupun melalui perwata dokter.
 
Bagi merek yang memiliki dana berlebih tentu bukan hal sulit untuk melakukan perawatan kulit, namun bagi orang dengan dana pas-pasan tentunya ini adalah sebuah masalah. Lalu apakah ada cara untuk merawat kesehatan kulit secara alami dan mudah tanpa perlu perawatan dokter ?
 
Salah satu cara merawat kesehatan kulit adalah dengan memperhatikan konsumsi makanan kita. Makanan tidak hanya berfungsi sebagai penghilang rasa lapar aataupun sebagai sumber energy. Zat-zat yang terkandug dalam makanan yang kita konsumsi memberi dampak terhadap kesehatan tubuh kita, salah satunya adalah bagian kulit.
 
Berikut beberapa makanan yang dikenal baik untuk menjaga kesehatan kulit :
 
1.    Teh Hijau
Gambar Teh Hijau
Teh hijau kaya akan antioksidan polifenol yang baik untuk melindungi kulit dari sinar UV. Dan juga baik untuk mencegah kerusakan DNA dan membantu perbaikan kerusakannnya.
 
2.    Yogurt 
Yogurt Rebdah lemak adalah sumber Vitamin A, Nutrisi penting dalam menjaga kesehatan kulit kita. Vitamin A membantu tubuh menghasilkan kolagen yang mempertahankan elastisitas kulit.
 
3.    Ikan
Gambar Ikan
Ikan adalah sumber protein rendah lemak dan sumber asak lemak omega 3 alami. Ikan membantu mereakan peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumber omega 3 pada ikan membantu melawan efek radiasi ari sinar UV. Senyawa antioksidan pada ikan salmon dapat mencegah kulit kendur dan keriput.

 
4.    Kacang Brazil 
Kacang Brazil adalah sumber selenium yang berfungsi pada ekkebalan tubuh seseorang. Kacang ini juga kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit seperti vitamin E. kacang Brazil terbukti meningkatkan sirkulasi kulit dan membuatnya lebih bercahaya.
 
5.    Coklat Hitam 
Dark Chocolate penuh dengan antioksidan flavonoid yang baik untuk melindungi jantung dan pembuluh darah dan juga melindungan kulit dari kerusakn akibat sinar matahari.
 
6.    Buah Berry 
Keluarga buah Berry dikenal kaya akan antioksidan yang membantu pertahanan antioksidan alami kulit dan melawan radikal bebas aKibat radiasi UV.
 
7.     Biji-Bijian 
Biji-bijian bagi sisetem pencernaan dan juga sumber vitamin B yang baik bagi pertahanan kulit dari kerusakan
 
8.    Kunyit 
Rempah yang satu ini selain sebagai bumbu masakan juga bermanfaat sebagai anti kanker, mengurangi peradangan dan antioksidan.
 
9.    Buah-Buahn Kaya Vitamin C 
Vitamin C adalah antioksidan penting yang berperan dalam melawan radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh.
 
10.    Buah Zaitun dan Minyak Zaitun 
Keduanya bermanfaat untuk melembabakan kulit kuring, melindungi kulit dari Knker dan sinar UV.

Baca juga:  Bahaya Berbuka Puasa Dengan Air Es

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

2 thoughts on “Asupan Sehat Untuk Kulit Tetap Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *