Air Terjun Madakaripura, Pesona Lain Di Balik Gunung Bromo

Selain Gunung Bromo, ada Air Terjun Madakaripura yang menjadi pesona lain di Probolinggo. Tak afdol rasanya jika mengunjungi gunung Bromo tapi tidak ke Air Terjun Madakaripura. Konon katanya, air terjun ini pernah menjadi tempat bersemedi Patih Gajah Mada di zamannya.

Air terjun ini berada di Desa Sapih, Kecamatan Kumbang, Kabupaten Probolinggo. Dari pusat kota, kalian membutuhkan satu jam perjalanan untuk sampai di tempat ini. Lokasi yang cukup jauh dengan medan yang cukup berat serta kurangnya angkutan umum yang menuju lokasi wisata, membuat tempat ini seperti dunia yang hilang dari destinasi wisata. Padahal, keindahan air terjun Madakaripura mampu membuat orang berlama-lama untuk mandi air terjun atau sekedar ber-selfie ria.

patung gajah mada (c) bocahpetualang.com
patung gajah mada (c) bocahpetualang.com

Oia, untuk kalian yang menggunakan moda transpaortasi umum, kalian bisa turun di terminal Banyuangga, Probolinggo lalu naik bis mini jurusan Lumbang. Atau kalian bisa turun di pertigaan Tongas, lalu mencari angkutan kota yang menuju Lumbang. Setelah itu, kalian bisa naik ojek untuk mencapai Air Terjun tersebut.

Karena terletak di perbukitan, kalian harus berhati-hati karena banyaknya jurang dan tebing di kanan-kiri jalan. Semakin ke dalam, jalanan semakin sempit. Tapi masih bisa dilalui dua mobil kecil walau memerlukan keterampilan tersendiri karena sempitnya jalan.

Selama perjalanan, kalian semua akan dihadapkan dengan landscape pemandangan khas perbukitan. Pepohonan hijau yang membentang, kotak-kotak kayu berisi lebah dan juga angin semilir yang menyegarkan. Perjalanan yang lumayan panjang itu tak akan terasa, tiba-tiba saja kalian akan sampai di Air Terjun tersebut.

Di pintu gerbang Air Terjun, kalian semua akan disambut dengan patung Patih Gajah Mada sedang menghunus pedang dan petugas tiket. Setelah memarkirkan kendaraan, kalian semua juga disambut oleh pemandu jalan (guide) yang menawarkan jasa mereka. Dengan wajah bermanis-manis ria dan memasang tarif seikhlasnya, mereka akan mengatakan bahwa jalan menuju Air Terjun cenderung sulit.

Baca juga:  Datang aja ke Museum Kesehatan Surabaya, dan Rasakan Sensasinya!
Gajah Mada (c) blog.alfannas.com
Gajah Mada (c) blog.alfannas.com

Tapi kalian semua jangan mudah terkecoh. Saat memasuki gerbang utama, kalian semua akan melihat sungai lebar dengan batu-batu besar. Sungai ini berhulu di Air Terjun Madakaripura sehingga arus sungai tersebut dapat memandu kalian sampai tujuan.

rute perjalanan (c) jejaksibolang.com
rute perjalanan (c) jejaksibolang.com

Tetap hati-hati saat berjalan, meski beberapa jalan telah bersemen tapi banyak juga bebatuan berlumut yang licin sehingga jika tidak berpegangan, kemungkinan kalian akan terpeleset dan jatuh. Oia, siapkan juga stamina karena jalanan menuju air terjun cenderung menanjak. Yang cukup menegangkan adalah saat kalian melewati bebatuan di tebing dengan posisi miring.

Jangan lupa membawa jas hujan dan kantong plastik jika kalian semua tidak ingin berbasah-basah karena tempias air terjun. Atau jika kalian ingin menikmati sensasi percikan air terjun, kalian bisa mengamankan terlebih dulu ponsel, kamera digital dan barang-barang berharga lainnya. Air tejun yang cukup deras ini juga menjadikan suasana sekitar seperti sedang hujan.

air terjun madakaripura (c) elatour.com
air terjun madakaripura (c) elatour.com

Setelah 30 menit perjalanan yang cukup berbahaya, melelahkan dan menegangkan itu, kalian akan disambut pintu utama dengan dua tebing sebagai pengapitnya. Di balik gerbang alami itulah sosok air terjun Madakaripura berdiri kokoh dengan ketingian 200 m. Sangat berbahaya untuk kalian-kalian yang tidak bisa berenang karena kedalaman sungai di bawah Air Terjun tersebut mencapai sekitar 7 m. Hal ini membuat warna air sungai terlihat hijau tosca.

Air Terjun Madakaripura (c) tempatwisataaid.com
Air Terjun Madakaripura (c) tempatwisataaid.com

Tingginya air terjun membuat cahaya matahari sedikit temaram hingga terkesan suasana sekitar bernuansa hening dan magis. Ditambah dengan gua di balik air terjun, tepatnya di seperempat bagian atas air terjun akan menambah suasana magis. Konon ceritanya, di tempat itulah Patih Gajah Mada bersemedi dan akhirnya moksa.

Air Terjun Madakaripura (c) eastjava.com
Air Terjun Madakaripura (c) eastjava.com

Untuk para pecinta fotografi, air terjun Madakaripura adalah pesona alam yang sangat menawan. Berbagai sudut pengambilan gambar dengan nuansa dan histori membuatnya semakin terlihat gagah di antara belantara hutan. Hingga kalian tak perlu menyesal telah kehabisan stamina. Karena pengalaman lebih berharga dari semuanya. 😉

Baca juga:  Jalan-jalan Ke Malang, Ini Dia Toko Oleh-olehnya

So, selamat berdebar-debar ria. Have a nice trip


Share This:

Dini Hidayati

Hanya seorang gadis kecil penyuka buku, jalan-jalan, dan makan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *