7 Tips Menemukan Inspirasi dalam Menulis

Inspirasi. Setiap orang dengan bidang pekerjaannya tentu membutuhkan itu, tanpa terkecuali, begitu pun dalam menulis. Dalam menulis, inspirasi adalah bagian yang sangat penting dalam menentukan arah sebuah tulisan. Tanpa inspirasi, kita tidak akan bisa menentukan arah tulisan itu sendiri. Kehilangan inspirasi juga merupakan salah satu alasan terbesar penulis atau calon penulis mengalami writer block. Karena itu, setiap penulis dituntut untuk selalu kreatif dan mampu menciptakan tips menemukan inspirasi dalam menulis untuk mereka sendiri.

Untuk menemukan inspirasi seharusnya tidak perlu paksaan, karena semakin kita memaksa pikiran untuk menemukan inspirasi, maka akan semakin sulit pula untuk menemukannya. Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya sangat mudah untuk menemukan inspirasi. Sedikit saja membuka pikiran dengan keadaan sekitar sudah cukup membantu untuk memberikan inspirasi itu masuk.. Berikut ini saya tuliskan 7 tips menemukan inspirasi dalam menulis dari kehidupan sehari-hari yang sering kali disepelekan.

  1. Menonton
    Menonton dalam hal ini bisa apa saja. Film, sinetron, video, berita, ataupun tontonan-tontonan menghibur lainnya. Semua ini bisa menjadi wadah untuk mendapatkan inspirasi. Kejadian-kejadian penting yang terjadi dan menjadi pemberitaan, isu-isu yang sedang hangat di kalangan artis, ataupun jalan cerita yang unik dalam film bisa membuat imajinasi saya atau siapapun yang membuka pikirannya menjadi berkembang lebih liar dan membuat sebuah cerita baru dengan improvisasi ala kamu. Saya sangat sering mendapatkan inspirasi dari menonton, kemudian membuatnya menjadi cerita yang lebih baru dan segar. Mendapatkan inspirasi menulis dari sebuah film ataupun karya orang lain tidak ada salahnya. Yang salah adalah ketika kita murni menjiplak hasil karya orang lain dan menjadikan itu karya kita.
  2. Media Sosial
    Jangan remehkan media sosial. Percayalah, saya mendapatkan sangat banyak ide dari situ. Baik facebook, twitter dan yang lainnya, semuanya sangat sebenarnya sudah sangat membantu kita untuk mendapatkan sebuah ide atau inspirasi. Kita bisa mendapatkan inspirasi dari status teman ataupun berita yang dibagikan oleh mereka. Cara mereka menanggapi beberapa berita yang dibagikan, karakter yang terbaca melalui status dan komentarnya, ataupun beragam aktivitas lainnya dalam jejaring sosial. Bagi segelintir orang mungkin media sosial hanyalah tempat untuk bermain dan tidak penting. Tapi, bagi saya dan banyak orang yang saya kenal, facebook dan media sosial lainnya adalah wadah untuk belajar, mendapatkan informasi atau bahkan bekerja dan menghasilkan uang.
  3. Membaca
    Membaca dalam hal ini bisa apa saja, bisa koran, majalah, ataupun buku fiksi dan non fiksi. Sama seperti menonton, membaca juga tentu memberikan kita banyak sekali inspirasi. Terkhusus untuk penulis, membaca jelas lebih memberikan kita inspirasi, karena selain mendapatkan ide segar, kita juga dapat mempelajari gaya kepenulisan setiap orang dengan buku-bukunya yang sudah terbit atau tulisan yang dimuat dalam koran dan majalah.
  4. Bersosialisasi
    Bercengkrama dengan teman, keluarga ataupun tetangga sangat penting. Hal itu membuat kita mendapatkan banyak hal baru yang kita tidak ketahui saat hanya duduk sendiri di depan layar monitor. Hal-hal yang terjadi di sekitar kita. Hal ini juga dapat berguna untuk me-refresh otak kita yang mungkin sedang mumet dengan inspirasi yang tak kunjung datang, sedangkan mungkin deadline semakin dekat. Memberikan otak istirahat dengan bersosialisasi tentu akan memberikan inspirasi segar untuk masuk.
  5. Jalan-jalan
    Saat saya sudah cukup lelah karena radiasi layar monitor yang ditatap berjam-jam dan kesulitan untuk melanjutkan tulisan, biasanya saya keluar rumah dan berjalan-jalan di sekitar. Tidak perlu jauh-jauh, cukup beberapa ratus meter dari rumah. Atau kalau rumah dekat dengan taman, itu mungkin bisa menjadi alternatif untuk tujuan jalan-jalan. Bagi saya, berjalan-jalan seperti itu sedikit banyak membuat otak lebih fresh untuk menerima inspirasi baru yang akan masuk. Selain membuat otak lebih segar, kita juga bisa mendapatkan inspirasi sekaligus untuk menulis ketika melihat keadaan sekitar dengan beberapa aktivitasnya. Seperti anak-anak yang mungkin baru pulang sekolah, obrolan yang terdengar sekilas, suara bising kendaraan di jalanan, dan banyak hal lagi.
  6. Makan
    Iya, jangan kira saya sedang bercanda dengan memasukkan makan ke dalam 7 cara mencari inspirasi. Ketika kelima hal sebelumnya yang saya lakukan untuk mendapatkan inspirasi gagal, cara keenam ini biasanya cukup ampuh. Sederhananya, inspirasi tentu akan sulit kita dapatkan saat perut sedang kosong, alias lapar. Oleh karena itu, mengisi perut adalah hal yang saya lakukan. Dan biasanya, setelah makan atau saat sedang makan saya sering mendapatkan inspirasi.
  7. Tidur
    Yah, ini adalah usaha terakhir setelah semua yang dilakukan di atas benar-benar gagal. Tidur. Tidur yang cukup juga merupakan hal penting. Karena tanpa istirahat yang cukup, inspirasi juga akan sulit untuk datang. Pikiran akan kacau kalau kita kurang tidur. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba usaha yang terakhir ini kalau keenam saran saya sebelumnya masih gagal. Dan, cobalah berdoa kepada Tuhan supaya nanti diberikan mimpi yang memberikanmu inspirasi untuk melanjutkan tulisan yang tersendat ataupun mengawalinya.
Baca juga:  Kelas Sharing EYD dan Editing Jumat, 7 Februari 2014: Mari Mengedit Ala Editor (2)

Nah, itu dia tadi 7 tips menemukan inspirasi dalam menulis versi saya. Semoga membantu.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

2 thoughts on “7 Tips Menemukan Inspirasi dalam Menulis

  • November 1, 2015 at 11:48 am
    Permalink

    Hehe, point ke tujuh baru terkadang juga membantu banget, lho. Inspirasi juga bisa hadir melalui mimpi, ya? ๐Ÿ™‚
    Salam,
    Alaika

    Reply
    • November 1, 2015 at 5:18 pm
      Permalink

      Iya. Hehe. Mimpi yang menginspirasi sebenarnya bisa jadi bonus. Yang penting, kalau keenam saran di atas gagal mungkin kita kelelahan, dan tidur bisa jadi alternatifnya. Hihi.
      Salam kenal juga, makasih udah mampir. ๐Ÿ˜€

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *