7 Bahaya Mie Instan yang Harus Kamu Tahu!

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Mie instan merupakan jenis makanan murah meriah yang sangat akrab dengan seluruh kalangan masyarakat. Bahkan sampai sekarang, beragam merk produsen mie instan terus bersaing dalam menghadirkan berbagai varian rasa terbaru yang menggiurkan. Namun sayangnya, ternyata mie instan tidak cukup aman bagi tubuh Anda. Penasaran bagaimana fatalnya bahaya mie instan bagi kesehatan Anda?
1.    Gagal ginjal dan kerusakan hati 
Bahaya mie instan memang selalu meliputi penyakit-penyakit berat yang dapat menyerang tubuh Anda kapanpun, termasuk pula dua jenis penyakit mengerikan ini. Mie instan pada umumnya selalu mengandung zat berbahaya Proplene Glycol yang apabila terus masuk ke dalam tubuh akan berpotensi menyebabkan kerusakan fungsi kerja hati dan ginjal baik secara ringan hingga fatal.
2.    Kanker 
Gambar Kanker
Zat berbahaya lain yang terkandung dalam mie instan adalah zat Styrofoam yang apabila berinteraksi dengan air panas akan membentuk zat kimia beracun yang dapat memicu hadirnya kanker pada organ-organ pencernaan di dalam tubuh, seperti usus dan lambung.
3.    Mengganggu proses pencernaan 
Sudah menjadi rahasia publik bahwa mengonsumsi terlalu banyak mie instan akan menyebabkan penyerapan nutrisi makanan lain menjadi terhambat sehingga akan berdampak pada kesulitan buang air besar atau sembelit.   
4.    Obesitas
Gambar Obesitas

 Bahaya mie instan berikutnya terletak pada sifat mie instan yang apabila dikonsumsi akan menimbulkan efek mengenyangkan, namun hanya sementara karena pada beberapa jam kemudian, Anda pasti akan merasakan lapar kembali. Terlebih, mie instan sering disajikan bersama nasi sehingga asupan kalori yang diterima tubuh akan berkali-kali lipat.
5.    Mengganggu pernapasan dan mengakibatkan pusing 
Kandungan Monosodium Glutamate atau MSG dalam bumbu mie instan apabila dikonsumsi terus-menerus akan mengganggu keseimbangan kerja tubuh, terutama fungsi otak. Hal inilah yang kemudian memicu rasa pusing atau sakit kepala. Selain itu, dada juga akan terasa sesak dan bernapas pun akan terasa berat.
6.    Diabetes 
Selain gagal jantung, kerusakan hati, dan juga kanker, diabetes juga merupakan salah satu penyakit berat akibat bahaya mie instan yang berisiko mengancam kesehatan Anda. Mie instan yang disajikan bersama dengan nasi akan memberikan asupan karbohidrat terlalu banyak bagi tubuh. Sama halnya dengan nasi, mie instan juga mengandung karbohidrat yang apabila dicerna akan berubah menjadi gula atau glukosa sehingga akan berpengaruh terhadap fungsi kerja pankreas dalam memproduksi insulin.
7.    Keguguran
Gambar Keguguran

 
Bahaya mie instan bagi ibu hamil memang sudah terbukti karena zat-zat pengawet yang terkandung dalam mie instan dapat menganggu perkembangan dan asupan nutrisi pada janin.

Baca juga:  Berbahaya Atau Tidak Minum Es Di Saat Hamil

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Penyakit-penyakit di atas merupakan macam-macam bahaya makan mie instan yang kapanpun dapat mengancam kesehatan Anda. Untuk menghindari ancaman bahaya tersebut, pastikan Anda mengonsumsi mie instan dengan tidak terlalu sering, dan pastikan pula Anda memasak mie instan sesuai petunjuk pada kemasan.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *