6 Fakta Menarik Seputar Asian Games 2018 yang Perlu Kamu Tahu

Dalam hitungan jam, Asian Games 2018 akan resmi berakhir, tapi kenangannya tentu tidak akan pernah terlupakan. Seperti selebrasi Jojo yang mendadak viral, atau Hanifan yang secara tidak sengaja telah ‘menyatukan’ dua kubu bersebelahan. Tapi tahukah kamu, dibalik semua kejadian itu, ada beberapa fakta menarik seputar Asian Games 2018. Apa saja fakta menarik itu? Yuk, kita ulas sama-sama.

  1. Prestasi Terbaik Indonesia Sepanjang Sejarah Asian Games

Indonesia sukses mengukuhkan posisi 4 klasemen umum dengan total 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu. Ini merupakan prestasi terbaik Indonesia sepanjang keikut-sertaannya di ajang multi-event terbesar se-Asia. Pencak Silat adalah cabang olahraga yang paling banyak menyumbang medali dengan 14 emas dan 1 perunggu dari total 16 nomor yang dipertandingkan.

Di Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, Indonesia hanya mampu meraih 4 emas, 5 perak dan 11 perunggu. Sebelum Asian Games 2018, prestasi terbaik Indonesia di Asian Games adalah ketika menjadi tuan rumah pertama kali, yaitu tahun 1962. Kala itu Indonesia sukses meraih 21 emas, 26 perak dan 30 perunggu.

  1. Indonesia Melampaui Target Emas

Sebelumnya Indonesia ‘hanya’ menargetkan 16 medali emas dan masuk 10 besar. Itu merupakan target paling realistis mengingat prestasi di Incheon Indonesia hanya mampu meraih 4 emas. Namun di luar dugaan, terjadi banyak kejutan dan Indonesia sukses melampaui target yang dipatok pemerintah dengan mendulang 31 emas. Yang paling mengejutkan tentu saja Pencak Silat, Indonesia sukses memborong hampir semua nomor dari cabang olahraga ini. Padahal sebelumnya IPSI ‘hanya’ menargetkan 4 medali emas.

  1. Fakta Tentang 3 Maskot Asian Games 2018

Bhin Bhin, Atung, dan Kaka adalah tiga maskot Asian Games 2018. Sejak pembukaan Asian Games 2018, permintaan boneka ketiganya meningkat drastis, padahal beberapa bulan sebelumnya penjualan boneka maskot ini sangat lesu. Bahkan, beberapa retailer pernah menolak menjual boneka maskot Asian Games 2018 ini.

Baca juga:  5 Youtuber Indonesia Terkenal – Berkenalan Dengan Para Vlogger Yang Memiliki Subscriber Tertinggi

Nah, berikut ini profil singkat ketiganya:

  • Bhin Bhin
Maskot Asian Games 2018
Bhin Bhin – Maskot Asian Games 2018

Bhin Bhin adalah burung cendrawasih yang mengenakan rompi bermotif suku Asmat. Merepresetasikan setrategi.

  • Atung
Maskot Asian Games 2018
Atung – Maskot Asian Games 2018

Atung merupakan Rusa Bawean yang mengenakan kain dengan motif tumpal khas Jakarta. Merepresentasikan kecepatan.

  • Kaka
Maskot Asian Games 2018
Kaka – Maskot Asian Games 2018

Kaka adalah Badak Bercula Satu dengan mengenakan penutup dada bermotif bunga khas kota Palembang. Merepresentasikan kekuatan.

Ketiganya merupakan hewan endemik Indonesia yang merepresentasikan persatuan Bhineka Tunggal Ika. Berbeda-beda suku namun tetap satu, Indonesia. Dengan banyak sekali suku yang ada, Indonesia tetap mampu berdiri, bersatu dan berdaulat. Sungguh, ini merupakan suatu anugrah luar biasa yang harus kita jaga bersama-sama.

Ketiga hewan ini juga mengingatkan kita bahwa kelestarian mereka tengah terancam. Semakin hari jumlahnya terus berkurang akibat perburuan liar. Siapa lagi yang bertanggung jawab kalau bukan kita yang menjaganya. Nasib dan kelangsungan hidup mereka adalah menjadi tanggung jawab kita bersama.

  1. Pertama Kalinya Korea Bersatu di Asian Games

Mungkin banyak yang belum tahu fakta menarik seputar Asian Games 2018 yang satu ini. Terjadi peristiwa paling bersejarah di Asian Games 2018. Itu adalah bersatunya Korea Utara dan Korea Selatan di Asian Games 2018. Meskipun tidak di semua cabang olahraga, bersatunya dua negara ini tentu merupakan peristiwa yang sangat bersejarah, mengingat kedua negara ini sudah sejak lama berseteru. Ini merupakan awal yang baik demi perdamaian Semananjung Korea.

Korea Utara dan Korea Selatan sepakat bersatu di bawah bendera Unifikasi Korea selama perhelatan Asian Games 2018. Cabang olahraga yang menyatukan keduanya adalah Kano, Dayung, dan Basket yang mempertandingkan total enam nomor.

  1. Tuan Rumah Pengganti

Apakah kamu tahu kalau Indonesia bukanlah tuan rumah Asian Games yang sebenarnya? Ya, Indonesia merupakan tuan rumah pengganti. Tuan rumah yang sebenarnya terpilih adalah Vietnam dengan 29 suara pada 2012 silam, mengalahkan Indonesia yang saat itu mengajukan Surabaya dengan hanya mendulang 14 suara.

Baca juga:  Jatuh Bangun, Maria Febe Gagal Sumbang Poin

Namun pada tahun 2014 Vietnam menyatakan mundur sebagai tuan rumah akibat resesi ekonomi yang melanda negara itu. OCA (Olympic Council of Asia) kemudian sepakat memilih Jakarta dan Palembang sebagai tuan rumah pengganti.

  1. Indonesia Berpeluang Jadi Tuang Rumah Olimpiade 2032

Indonesia kini menjadi sorotan dunia berkat suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018. Dunia memuji. Mengingat waktu persiapan yang tergolong singkat, namun Indonesia mampu memaksimalkan waktu tersebut sehingga berhasil menjadi tuan rumah yang disegani. Indonesia telah sukses di Asian Games 2018, baik dari segi penyelenggara maupun prestasi.

Dengan capaian ini, Indonesia sangat berpeluang menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Setelah Asian Games 2018 berakhir, rencananya Indonesia akan secara resmi mengajukan diri sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032. Dengan pencapaian gemilang di Asian Games 2018, Presiden Komite Olimpiade Internasional mengatakan bahwa Indonesia berpeluang menjadi salah satu kandidat tuan rumah.

Nah, itulah 6 Fakta menarik seputar Asian Games 2018. Asian Games sebentar lagi berakhir, tapi semangatnya jangan sampai padam. Kobarkan terus semangat ini hingga nantinya Indonesia kembali terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Indonesia bisa!

Siapa kita? Indonesia!

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Blogger asal Lombok. Ingin kenal lebih dekat? Bisa follow twitter dan instagram saya dengan nama akun @lalurazieb_azie. Juga pemilik Blog Blirazieb.com dan BloggerTraveling.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *