5 Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa Ini Perlu Kamu Lakukan!

 

www.bacaterus.com

Apakah sejak lama Sobat ingin berhasil dalam diet? Pas sekali, sobat Antisakit! Di bulan ramadhan ini, manfaatkan momen berpuasa sebagai bentuk usaha diet yang selanjutnya. Jangan sampai di bulan puasa ini, Sobat malah menumpuk lebih banyak lemak, ya! Sekilas, usaha diet di bulan ramadhan memang terlihat sulit, apalagi dengan godaan menu berbuka yang lebih spesial dari biasanya. Tetapi, Antisakit hadir di sini untuk membocorkan kepada Sobat mengenai 5 tips menurunkan berat badan saat puasa yang terbukti manjur dan mudah dilakukan!

 

Jadi, apa saja sih 5 tips menurunkan berat badan saat puasa yang perlu Sobat lakukan? Yuk simak ulasan berikut ini!

  1. Cek kebutuhan air putih, cukup nggak buat tubuh kamu? Berpuasa seharian bukan berarti tubuh harus mengurangi kebutuhan air putih harian, ya! Minimal, tubuh membutuhkan 8 gelas air putih setiap harinya. Ketika berpuasa, Sobat bisa menggunakan rumus 8 gelas air putih, yaitu 2-1-2-2-1 atau 2 gelas ketika sahur, 1 gelas untuk mengawali berbuka puasa, 2 gelas setelah makan, 2 gelas setelah tarawih, dan 1 gelas sebelum tidur.

  2. Jauhi gorengan! Gorengan merupakan jenis makanan yang mengandung lemak jenuh yang nggak baik buat usaha dietmu, Sobat! Sesekali boleh makan gorengan, tapi jangan dijadikan kebiasaan, ya. Semakin sedikit Sobat mengkonsumsi gorengan, maka lemak jenuh yang masuk ke tubuh juga akan semakin sedikit. Usahakan pula untuk mengontrol menu makanan yang lain, rendah lemak nggak?

  3. Jangan lupa diri ketika berbuka puasa! Nah inilah yang menjadi kebiasaan buruk, yaitu balas dendam! Setelah seharian menahan rasa lapar, tentu saja banyak Sobat yang lupa diri ketika menuntaskan rasa lapar di waktu berbuka. Jangan mengambil terlalu banyak porsi, ya. Untuk menyiasati agar perut lebih mudah merasa kenyang, penuhi kebutuhan karbohidrat dan serat. Sobat bisa mengkonsumsi buah kurma yang tinggi akan kandungan tersebut sehingga Sobat bisa merasa kenyang lebih lama. Penuhi pula asupan protein, vitamin, dan juga mineral yang bisa Sobat dapatkan dari makanan bernutrisi tinggi seperti daging merah, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buahan.

  4. Tetap berolahraga. Bulan puasa tentu membuat badan menjadi lemas. Tetapi itu bukan alasan bagi Sobat untuk berhenti berolahraga. Tips menurunkan berat badan saat puasa yang satu ini memiliki banyak manfaat. Tak hanya untuk membakar kelebihan kalori yang dikandung di dalam tubuh, tetapi berolahraga juga dapat membuat tubuh tetap bugar selama menjalankan puasa seharian. Sobat bisa berolahraga di malam hari atau setelah sahur. Berolahraga di malam hari akan meningkatkan kualitas tidur, dan berolahrga setelah sahur akan membuat tubuh menjadi berenergi dalam mengawali hari.

     

  5. Dan inilah tips menurunkan berat badan saat puasa yang terakhir, yaitu jangan kekurangan tidur! Walaupun sangat baik untuk banyak beribadah ketika bulan ramadhan, termasuk salah satunya adalah ibadah di tengah malam, namun perhatikan pula waktu tidur Sobat. Lebih baik untuk tidur sebelum tengah malam dan kemudian bangun jam 2 atau 3 pagi agar tubuh Sobat tetap mendapatkan jam biologis untuk meregenerasi syaraf dalam tubuh dan mencerna makanan. Tidur yang kurang akan menyebabkan aktivitas penyerapan nutrisi makanan di dalam tubuh menjadi terganggu, loh! Dampaknya tentu saja akan menyebabkan penurunan berat badan menjadi lebih sulit. Jadi, atur waktu tidurmu ya, Sobat!

 

Baca juga:  Tips Sederhana Memilih Mukena untuk Lebaran

Nah bagaimana, Sobat Antisakit? Sangat mudah pastinya menjalankan 5 tips menurunkan berat badan saat puasa yang sudah dijelaskan di atas, bukan? Jadi, mau turun berapa kilogram setelah bulan ramadhan ini?

Share This: