5 Cara Praktis Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Gambar Cara Menghilangkan Jerawat
Di antara beragam masalah kulit wajah, jerawat merupakan satu masalah terbesar yang seringkali membuat penderitanya kehilangan kepercayaan diri dalam berpenampilan. Jerawat pada umumnya menyerang pria remaja dan juga wanita pada saat mendekati waktu siklus menstruasi. Ada dua cara menghilangkan jerawat, yaitu dengan cara alami dan dengan menggunakan produk perawatan berbahan kimia. Bagi Anda yang lebih menginginkan hasil jangka panjang tanpa efek samping serta tanpa pengeluaran yang mahal, simak cara menghilangkan jerawat secara alami berikut ini!
1.    Rutin mencuci wajah  
Cara menghilangkan jerawat yang paling penting adalah dengan mengevaluasi kembali kebiasaan atau pola hidup Anda sebelum mulai melakukan perawatan dengan bahan-bahan alami. Kebiasaan pertama yang harus Anda terapkan adalah dengan rutin mencuci wajah karena penyebab utama kulit berjerawat adalah bakteri, kotoran, maupun debu yang menyumbat pori-pori kulit wajah. Oleh karena itu, biasakan untuk rutin mencuci wajah minimal sehari dua kali.
2.    Tidak menyentuh dan memencet jerawat dengan tangan 
Kebiasaan buruk ini harus segera Anda hilangkan karena menyentuh apalagi mengeluarkan isi jerawat dengan tangan justru akan berisiko menyebabkan peradangan pada jerawat Anda. Hal ini dapat terjadi karena tangan dan jari mengandung banyak kotoran dan juga bakteri akibat aktivitas Anda sepanjang hari. Apabila Anda ingin menyentuh jerawat, hendaknya gunakan tissue, kapas, ataupun kain hangat yang bersih.
3.    Jangan berlebihan dalam menggunakan kosmetik 
Pemakaian kosmetik secara berlebihan akan menyumbat pori-pori kulit Anda sehingga akan kesulitan bernapas, apalagi jika Anda tidur tanpa membersihkan kosmetik pada wajah Anda terlebih dahulu. Selain itu, pembersihan kosmetik yang tidak teliti pun juga akan memicu pertumbuhan jerawat pada wajah Anda.
4.    Konsumsi air putih yang cukup 
Selain dengan memerhatikan kembali kebiasaan atau pola hidup, cara menghilangkan jerawat secara alami juga perlu dilakukan dari dalam tubuh. Pastikan tubuh Anda mendapatkan asupan air putih yang cukup, yaitu minimal 2 liter atau sebanding dengan 8 gelas setiap harinya. Kekurangan air putih akan menghambat sirkulasi darah sehingga darah kotor dapat menumpuk di bawah kulit wajah Anda. Selain itu, air putih juga berperan penting dalam mengeluarkan racun-racun dalam tubuh.
5.    Masker alami 
Cara menghilangkan jerawat selanjutnya adalah dengan merawat kulit wajah dengan menggunakan masker alami yang bisa Anda buat sendiri dengan mengolah bahan-bahan alami, seperti jeruk nipis atau lemon yang kaya akan vitamin C yang baik untuk meregenerasi kulit. Selain itu, Anda juga bisa membuat masker dari lidah buaya, daun pepaya, madu, putih telur, tomat, hingga bawang putih. Gunakan masker alami secara rutin dan pastikan Anda terlebih dahulu mencuci wajah dengan benar-benar bersih sebelum mengaplikasikan masker alami.
Baca juga:  Bahaya Minum Kopi Yang Perlu Anda Ketahui

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *