10 Tanaman Herbal dengan Manfaatnya yang Luar Biasa

Indonesia sejak dulu sudah dikenal dengan berbagai ragam rempah-rempahnya. Sejak dahulu hingga sekarang Indonesia jua dikenal berbagai macam tanaman herbalnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Pengobatan herbal sendiri sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu alternatif pengobatan yang alami dan tanpa efek samping serta murah karena memnfaatkan kandungan alam untuk pengobatannya. Lalu apa sajakah tenaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan manusia baik untuk pengobatan maupun pencegahan :

1.    Seledri (Apium Graviolens)

Gambar Seledri

Kita biasa melihatnya dalam sayur Sop maupun masakan lainnya, namun ternyata tanaman ini kaya akan fosfor, kalsium, dan lain-lain. Manfaatnya selain sebagai penyedap pada masakan ternyata Seledri berguna sebagai obat asam urat.

2.    Blustru (Luffa Aegyptica Mill)
Biasa disebut sebagai ketela manis, Lapang Oyom (Sunda) atau Hurung Jawa (Palembang). Tanaman ini bermanfaat sebagai obat Asma.

3.    Pasak Bumi / Tongkat Ali (Eurycoma Longifolia Jack)
Tanaman tumbuh banyak di Kalimantan dan bermanfaat dalam memperbaiki kadar testoteron pada pria dan menambah gairah sexual pada pria. Selain itu tanaman ini juga bermanfaat sebagai obat ejakulasi dini.

4.    Mengkudu (Morinda Citrifolia)

Gambar Mengkudu

Tanaman yang satu ini memang sudah dikenal manfaatnya sebagai salah satu herbal yang kaya manfaat. Diantaranya menjadi obat jantung koroner.

5.    Lidah Buaya (Aloe Vera)
Sejak jaman dahulu, Lidah Buaya sudah dikenal sebagau perawatan kecantikan dan obat. Di Jepang saat ini sedang dikembangkan penelitian Lidah Buaya sebagai Obat Kanker.

6.    Buah Makasar (Brucuea Javanica)
Tanaman ini bermanfaat sebagai obat Diabetes Melitus karena membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

7.    Belimbing (Averhoa Carambila)

Manfaat Belimbing



Buah berbentuk bintang yang enak rasanya ini mengandung banyak vitamin C, B, A, Protein, Kalsium dll. Belimbing bvermanfaat sebagai obat kolestrol tinggi dan Penurun Darah tinggi.

Baca juga:  Surat Cinta Dari Anak Riau Untuk Indonesia Dan Presiden RI "JOKOWI"

8.    Temulawak
Temulawak adalah tanamanv dengan kandungan kurkumin yang bersifat ati radang ataupun anti keracunan empedu. Temulawak bermanfaat dalam mencegah Hepatitis B yang merupakan penyebab Kanker Hati.

9.    Daun Dewa
Daun Dewa menandung minyak astiri, saponin dll. Daun dewa bermanfaat sebagai obat Stroke dan mencegah penyakit stroke tersebut. Selain itu juga sebagai obat luka memar dan penurun darah tinggi.

10.    Jarak (Ricinus Communis)
Jarak bermanfaat sebagai anti rematik dan mampu menenangkan. Biji jarak bermanfaat sebagai obat kanker rahim, Rematik, TBC dsb.

Tanaman diatas hanya sebagian yang disebutkan. Karena banyak sekali berbagai jenis tanaman herbal lainnya. Semoga beberapa yang sudah dipaparkan di atas dapat bermanfaat.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *