10 Makanan Ini Sangat Baik Untuk Sarapan

Anda pasti pernah melihat tanda hati di setiap kotak kemasan oatmeal bukan? Ini karena oatmeal mengandung beta-glucan, sejenis serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jika dikonsumsi secara rutin.

Hindari mengonsumsi oatmeal yang memiliki varian rasa. Lebih baik perkaya semangkuk oatmeal Anda dengan susu segar, madu, buah, dan kacang.

Jika Anda sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan, makanlah setengah buah jeruk bali merah setiap pagi. Sebuah penelitian menunjukkan buah ini dapat membantu Anda cepat langsing karena kandungannya yang dapat mempercepat pembakaran lemak serta bermanfaat untuk menjaga gula darah dan level insulin.

Cobalah mengonsumsi jenis jeruk ini dengan makanan yang mengandung protein seperti yogurt atau telur. Namun, perhatikan jika Anda sedang mengonsumsi obat dokter. Beberapa kandungan grapefruit dapat mempengaruhi kerja obat yang Anda konsumsi.

Pisang mengandung karbohidrat yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama setelah mengkonsumsinya. Tambahkan pisang pada sereal atau oatmeal, rasanya yang manis dapat menggantikan gula atau pelengkap manis lainnya. Kandungan potasium dan elektrolitnya yang mampu menurunkan tekanan darah secara alami, tentunya baik bagi Anda yang menderita hipertensi.

Telur merupakan sumber protein yang sehat dan mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin D. Jika Anda sedang melakukan diet yang menghindari makanan berlemak dan kolesterol, maka telur harus Anda sertakan dalam program diet tersebut.

Semangka adalah buah yang banyak mengandung air sehingga sangat baik dikonsumsi di pagi hari. Selain itu, buah yang menyegarkan ini juga mengandung likopen, nutrisi yang banyak dijumpai di buah dan sayuran berwarna merah, yang bagus untuk penglihatan, kesehatan jantung, dan pencegahan kanker.

Buah jenis beri-berian merupakan sumber antioksidan terbaik yang rendah kalori. Misalnya, mengonsumsi stroberi di pagi hari dapat mencukupi kebutuhan vitamin C Anda, beserta kebutuhan lainnya seperti asam folik dan serat. Buah jenis ini juga baik untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi semangkuk stroberi tiga kali seminggu dapat menurunkan risiko serangan jantung.

Meminum kopi tidak hanya membuat Anda segar di pagi hari. Kandungan minuman dengan banyak penggemar ini juga dapat mengurangi risiko terserang beberapa penyakit seperti diabetes dan kanker prostat. Namun, meminumnya dengan tambahan gula dan krim mungkin akan mengurangi manfaat kopi. Mulai saat ini, cukup tambahkan susu skim untuk memperkaya rasa kopi di cangkir Anda.

Jika Anda tidak menyukai kopi, teh juga minuman yang memiliki manfaat kesehatan. Semua jenis teh (hitam atau hijau) mengandung antioksidan yang sangat bagus untuk tubuh. Riset menunjukkan bahwa meminum lima cangkir teh sehari dapat meningkatkan metabolism tubuh dan membantu menurunkan berat badan.

Berbagai jenis buah-buahan bagus dikonsumsi di pagi hari, tidak terkecuali melon jingga. 6 ons melon (sekitar seperempat buah) mengandung 50 kalori dan cukup memenuhi kebutuhan harian vitamin C dan vitamin A, sehingga baik untuk menjaga kulit tetap mulus dan awet muda. Melon jingga juga memiliki kandungan air tinggi yang dapat membantu Anda tetap segar dan dapat menahan lapar hingga waktu makan siang tiba.

Kiwi mengandung 65 miligram vitamin C di setiap penyajiannya. Buah ini juga kaya akan potassium, mineral, dan serat yang sangat baik untuk pencernaan. Sebuah riset menunjukkan, mengonsumsi dua buah kiwi sehari selama sebulan penuh dapat mengurangi risiko konstipasi. Jika Anda senang dengan rasa manis, campurkan kiwi dengan pisang atau stroberi di dalam mangkuk salad Anda.

Baca juga:  Inilah 7 Manfaat Daun Pandan yang Belum Banyak Orang Tahu

 

* An Nisaa Gettar, Relawan Kesehatan RS Ibnu Sina, Jakarta.

Sumber:

http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2295873/10-makanan-ini-sangat-baik-untuk-sarapan

Share This:

Dini Hidayati

Hanya seorang gadis kecil penyuka buku, jalan-jalan, dan makan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *