10 Kebiasaan Buruk Yang Mengundang Penyakit Ginjal

10 Kebiasaan buruk yang mengundang penyakit ginjal. Ginjal adalah salah satu organ yang penting bagi tubuh. Karena fungsi ginjal adalah menyaring darah dan memisahkan darah bersih dengan darah yang mengandung racun. Darah yang bersih diedarkan ke seluruh tubuh, sedangkan racun yang telah disaring dibuang melalui urin. Bisa membayangkan jika ginjal kita tidak sehat bahkan kita menderita penyakit gagal ginjal dimana ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya hingga harus rutin menjalani proses cuci darah di rumah sakit? Cuci darah dilakukan apabila ginjal tidak berfungsi lagi. Kinerja ginjal untuk menyaring darah dan racun digantikan oleh mesin.

Kebiasaan buruk yang mengundang penyakit ginjal

Tentu semua manusia tidak mau melakukan hal tersebut. Namun tanpa kita sadari, dalam kehidupan sehari-hari kita sering melakukan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kinerja ginjal. Inilah 10 Kebiasaan buruk yang mengundang penyakit ginjal :

1. Konsumsi Obat Tanpa Resep Dokter
Ini bagi kita yang hobi sekali mengkonsumsi obat warung dan obat ilegal tanpa resep dokter. Karena, meski menyembuhkan, obat juga mengandung bahan kimia yang dapat menyisakan racun dan memperberat kerja ginjal.

2. Kurang Cukup Minum Air Putih
Secara kesehatan, disarankan untuk minum air putih sebanyak 2 liter atau setara dengan 8 gelas sehari. Dengan banyak minum airputih, makan racun dapat terbawa oleh urin yang dibuang tubuh.

3. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kopi
Kafein yang terkandung dalam kopi dapat menyebabkan detakan jantung cepat. Dengan kerja jantung yang terlalu cepat akan cepat pula mengirim darah keginjal sehingga ginjal merasa kualahan dalam bekerja.

4. Kurang Cukup Tidur
Tidur di malam hari dengan cukup bisa membantu kesehatan ginjal. Karena pada malam hari, jaringan pada organ ginjal diperbaiki. Oleh karena itu, jika menginginkan ginjal yang sehat, lakukanlah tidur dengan cukup di malam hari.

Baca juga:  Ini Dia Cara jitu Mendekati Cewek Yang Super Cantik Dan Sexy

5. Mengkonsumsi Minuman Beralkohol
Di dunia kesehatan, minuman beralkohol sama sekali tidak ada manfaatnya. Karena dia dibuat dengan berbagai bahan yang berbahaya. Apalagi untuk ginjal. Racun yang dibawa oleh alkohol jelas akan memperberat kerja ginjal.

6. Terlalu Banyak Menahan Buang Air Kecil
Menahan buang air kecil bukanlah sebuah kebiasaan yang baik. Karena hal itu bisa menambah tekanan pada ginjal sehingga menimbulkan batu ginjal, gagal ginjal maupun  inkontinenisia.

7. Sering Emosi Dan Marah
Adakah hubungannya?. Jelas ada. Pada saat marah, jantung dipaksa untuk bekerja lebih keras. Dengan kerja jantung yang lebih keras dapat menyebabkan aliran darah lebih cepat sehingga ginjal akan merasa harus bekerja lebih keras lagi. Tidak menutup kemungkinan juga akan merasa kuwalahan.

8. Banyak Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji
Makanan cepat saji akan berdampak buruk karena mengandung banyak racun yang bisa memperberat kerja ginjal. Karena itu, jika kita menyayangi ginjal kita, sebaiknya hindari makanan cepat saji.

9. Konsumsi Garam Yang Terlalu Banyak
Garam memang yodium yang diperlukan dalam tubuh. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan juga akan berpengaruh tidak baik pada ginjal. Karena itu, konsumsilah garam jangan lebih dari 5 gram dalam sehari.

10. Merokok
Tidak ada manfaat apapun dari kebiasaan merokok. Karena nikotin yang terdapat dalam rokok dapat berpengaruh buruk pada kesehatan. Terutama ginjal dan paru-paru.

Itulah 10 Kebiasaan buruk yang mengundang penyakit ginjal. Jika kita masih sayang terhadap ginjal kita, sebaik mungkin hindari hal-hal di atas.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *