10 Aktivitas Sederhana Yang Menyehatkan Jantung

10 aktivitas sederhana yang menyehatkan jantung. Penyakit jantung memang tidak bisa disebut sebagai penyakit yang ringan dan sederhana. Karena selain pengobatannya yang tidak murah serta harus ditangani oleh tim ahli, efek yang ditumbulkan dapat berupa kematian. Namun ada satu hal yang mungkin belum kita ketahui. Pencegahan penyakit jantung bisa dilakukan dengan cara yang murah dan sederhana.
MENYEHATKAN JANTUNG

Berikut ini ada 10 aktivitas sederhana yang menyehatkan jantung yang bisa kita manfaatkan untuk menyehatkan jantung kita.

1. Selalu Berfikir Positif
Banyak sekali manfaat positif thinking baik untuk fisik maupun psikis. Terutama untuk jantung kita. Dengan berfikir positif akan menghindarkan kita dari stress yang bisa meringankan kerja jantung.

2. Selalu Bersyukur
Dimana letak korelasinya?.Mudah saja. Dengan banyak bersyukur, membuat hati kita selalu bahagia. Sehingga menghindarkan kita dari emosi yang dapat memperberat kerja jantung.

3. Perbanyak Tertawa
Tertawa, selain membuat usia awet muda,juga merupakan salah satu cara sederhana untuk menyehatkan jantung. Karena dengan tertawa dapat melatih otot diafragma yang dapat digunakan untuk menyehatkan jantung.

4. Rajin Olah Raga Ringan
Jika kita tinggal di kota, Olah raga tidak harus selalu berat dan mahal. Cukup membiasakan berjalan kaki ringan di sekitar komplek perumahan atau di taman kota. Dengan olah raga yang teratur, dapat memperlancar proses metabolisme tubuh yang dapat berpengaruh pada kesehatan jantung.

5. Konsumsi Makanan Yang Bergizi
Sehat tidak harus mahal. Cukup konsumsi makanan yang mengandung banyak gizi dan kurangi makanan yang tinggi lemak. Dengan makanan yang mengandung banyak gizi dapat menyehatkan organ-organ tubuh terutama jantung.

6. Istirahat Yang Cukup
Setelah seharian kita beraktivitas dan bekerja, tidur dan istirahat yang cukup merupakan cara yang ampuh untuk mengembalikan tenaga dan kebugaran. Selain mengistirahatkan tubuh, juga mengistirahatkan otak dan organ tubuh lainnya termasuk jantung.

7. Kurangi Konsumsi Minuman Bersoda
Jangan termakan oleh iklan di televisi tentang manfaat minuman bersoda. Manfaatnya hanya menjanjikan kesegaran sesaat. Selebihnya akan menyisakan gula yang tidak baik untuk tubuh. Karena itu, demi jantung yang sehat, kurangi minuman bersoda dan perbanyak minum air putih. Murah tapi kaya manfaat.

8. Hindari Merokok
Untuk kesekian kalinya, dunia kedokteran selalu mengingatkan untuk tidak merokok. Karena kandungan nikotin yang ada dalam rokok dapat merusak jantung dan organ tubuh lainnya.

9. Tetap Menjaga Berat Badan
Obesitas dan berat badan yang berlebih sangat mempengaruhi oragan jantung. Karena lemak yang terlalu banak dapat mempersempit pembuluh darah yang bisa mengakibatkan serangan jantung. Tetap jaga berat badan ideal. Kita bisa berkonsultasi pada dokter untuk menentukan berapa berat badan ideal untuk tubuh kita.

10. Tetap Menjaga Kadar Gula Dalam Darah
Kelebihan gula pada darah dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes. Sedangkan penyakit diabetes dapat berakibat pada kesehatan jantung. Karena itu, bagi penderita diabetes untuk rajin cek kadar gula darah. Agar tidak terus tinggi. Konsumsilah makanan atau minuman yang tidak banyak mengandung gula. 

Itulah 10 aktivitas sederhana yang menyehatkan jantung. Jantung adalah organ yang penting bagi tubuh. 5 menit saja jantung berhenti bergerak, maka akan mengakibatkan kematian. Jika kita masih menyayangi jantung kita, lakukan hal-hal sederhana seperti di atas. Sederhana namun cukup berpengaruh signifikan untuk kesehatan jantung. Jika tidak sekarang, kapan lagi?.
Baca juga:  Manfaat Mandi Subuh Di Bulan Ramadhan Bagi Kesehatan

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *